Tanda-tanda Cinta

Ketika hidup menyodorkan banyak kekecewaan dan kesedihan, berbagai macam masalah, dengan mudahnya kita dapat terseret dalam pusaran segala hal-hal negatip yang akan merusak keseluruhan hari. Untuk mencegah semua hal negatip tadi, kita dapat memulai dengan membiarkan hal-hal positip berada di sekitar kita di dalam rumah dimana kita memulai kegiatan dan mengakhiri kegiatan dalam satu hari. Salah satu hal yang baik untuk menimbulkan hal positip yaitu menyebarkan tanda-tanda cinta di dalam rumah. Dengan menyebarkan tanda-tanda cinta di dalam rumah, Anda dan keluarga akan selalu mengingat hal yang paling penting mengapa Anda semua masih berada dalam rumah itu, yaitu cinta.

Tanda cinta dapat berupa foto, lukisan yang dibuat oleh salah satu anggota keluarga, kerajinan tangan, rangkaian bunga atau lagu-lagu favorit yang disukai yang dikumandangkan dari CD atau DVD. Salah seorang teman memiliki kulkas penuh dengan gambar magnet dari negara-negara di seluruh dunia yang diberikan oleh anaknya yang seorang traveller blogger. Hingga setiap kali dia membuka kulkas, dia akan mengingat anaknya dengan penuh cinta karena anaknya selalu mengingat ibunya dimanapun dia berada dan membelikan tanda kasih sebagai pengingat.

Karena sangat menyukai kata-kata, saya sering mengutipkan kata-kata penyemangat dan cinta pada keluarga di rumah baik dalam percakapan di rumah, melalui pesan singkat ataupun menuliskannya di buletin mereka.

Salah seorang teman saya, senang bernyanyi, meski dengan suara yang pas-pasan, setiap malam sebelum tidur dia akan menyanyikan satu atau dua lagu dengan iringan gitar untuk isterinya. Di sela-sela nyanyian, dia akan memberikan sedikit guyonan mengenai hal-hal yang dilaluinya pada pagi dan siang hari dan mereka tertawa bersama. Gitarnya akan dimainkan dengan irama riang, meski lagu yang dinyanyikan adalah lagu dengan irama pelan. Menurutnya menyanyikan sebuah lagu dengan irama riang akan menghilangkan segala kesedihan, kegusaran dan menimbulkan harapan bahwa dunia akan baik-baik saja.

Teman saya yang lain, memiliki dua orang putri. Setiap malam, dia memainkan gitar, di dalam kamar tidur kedua putrinya. Dia duduk di lantai di antara tempat tidur putrinya, dan memainkan lagu-lagu sampai ke dua putri nya tertidur lelap. Dia tidak peduli lagu apa yang dimainkan, hanya dentingan gitar dan dirinya saja. Alhasil, kedua puterinya kini sudah dewasa dan keduanya menjadi pemusik klasik, dan mahir memainkan piano dan biola. Tanda cinta dari sang ayah, semenjak mereka kecil, benar-benar sudah terukir di dalam hati mereka.

Dengan adanya berbagai macam tanda cinta di rumah, mengingatkan pada setiap anggota keluarga akan cinta itu sendiri.

Di beberapa rumah, anggota keluarga meletakkan atau menggantung, berbagai macam foto anak-anak dan suami isteri dalam berbagai macam kegiatan atau prestasi. Adapula yang memajang hasil karya anak-anak. Dengan memajang dan menggantung foto-foto dan hasil karya anak-anak, mereka akan merasa dihargai dan merasa spesial. Bahkan sebuah jambangan berisi bunga, akan terasa manis menghiasi meja makan. Sebuah hadiah murah namun dipersiapkan dengan cinta, akan lebih bermakna daripada hadiah berharga mahal.

Bukankah Anda akan merasa bahagia bila terbangun di pagi hari dan Anda dikelilingi oleh berbagai macam tanda cinta. Telinga Anda dimanjakan oleh lagu-lagu merdu kesukaan Anda yang sengaja dinyalakan untuk menyemangati Anda. Dan ketika malam menjelang, Anda sampai di rumah, hal  pertama yang Anda lihat adalah juga tanda-tanda cinta, maka Anda akan selalu merasa bahagia.

Mulailah sebarkan tanda cinta sekarang.

—Ineke H—

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s