Menikmati Perjalanan Kehidupan

Hidup yang kita jalani setiap hari adalah seperti sebuah perjalanan. Perjalanan yang seharusnya bisa kita nikmati dengan segala kondisinya, baik itu menyenangkan, membosankan ataupun menyedihkan. Kenyataan yang sering terjadi adalah perjalanan kehidupan yang kita jalani tidak seperti yang selalu kita harapkan.

Menikmati kehidupan berarti menjalani kehidupan dengan seluruh jiwa raga, larut ke dalamnya, menjadi satu ke dalamnya. Menjunjung tinggi nilai-nilai apapun yang sudah diberikan dalam setiap perjalanan yang kita jalani. Dan menemukan bukan saja pengalaman baru tapi petualangan baru.

Hidup adalah proses, bukan tujuan. Kita menjalani proses itu untuk sampai pada tujuan yang dikehendaki. Dan bukannya ketika kita sampai di tujuan, segalanya akan menjadi baik tanpa melalui proses dulu. Justru dalam proses menuju ke tujuan tersebut, Anda mendapatkan banyak nilai-nilai kehidupan. Perjalanan Anda dilalui hari demi hari, minggu demi minggu, bulan demi bulan, dan sikap yang Anda tunjukkan dalam setiap perjalanan menentukan bagaimana cara perjalanan Anda akan bisa dinikmati. Apakah Anda pencemas? Apakah Anda orang yang ingin buru-buru dalam mencapai tujuan? Apakah Anda orang yang tekun dan teliti sekaligus penyabar? Atau apakah Anda termasuk orang yang suka menunda-nunda perjalanan Anda sehingga tidak pernah menjadi kenyataan?

Setiap pagi, kadangkala atau seringkali kita terbangun dengan semangat yang berada di titik nol, atau merasakan hidup Anda seperti diam di tempat, atau barangkali juga Anda merasakan Anda sedang berkubang di lumpur rawa yang mengakibatkan Anda sangat sulit bergerak, padahal yang Anda inginkan adalah hidup yang penuh bunga berwarna warni dengan pepohonan rindang dan aliran sungai bening yang menenangkan. Itulah kehidupan.

Kita mengalami bahwa dalam setiap perjalanan, ada saja ketidaksempurnaan, kecelakaan, kekacauan di sana sini dan menyadari bahwa itulah dinamika perjalanan kehidupan. Namun kita juga meyakini bahwa tidak ada sesuatu kekacauan ataupun ketidaksempurnaan yang akan merusak perjalanan kita. Dan dengan penuh semangat kita menjalani setiap hari sebagai awal baru dari sebuah perjalanan yang akan berisi petulangan baru.

Suatu sore, ketika saya sedang duduk merenung di sebuah kafe kecil, banyak orang yang berlalu lalang. Saya mengamati orang-orang yang berjalan, dengan berbagai gaya dan penampilan. Dari waktu yang singkat selama minum kopi, saya bisa mengamati berbagai macam orang, dan dalam skala besar, berbagai macam orang dan kejadian tengah terjadi di seluruh muka bumi pada saat yang sama. Tentu saja, setiap orang memiliki kisah perjalanannya sendiri yang unik untuk diceritakan. Pengalaman masa lalu, masa kini dan impian masa depan mereka.

Pengalaman dalam menikmati perjalanan kehidupan akan mewarnai setiap pribadi dan menjadikan setiap pribadi menjadi unik, berbeda satu dengan yang lain. Sejak Anda bangun di pagi hari sampai tidur kembali, segala yang terjadi akan mengisi lembar-lembar harian Anda. Bisa saja Anda tidak peduli pada apa yang Anda lalui setiap hari. Namun bila Anda bertekad untuk menikmati setiap perjalanan Anda, maka Anda akan merasakan syukur dan rasa cinta yang mendalam. Anda akan melihat bahwa hidup memberi apa yang Anda minta dan butuhkan dan juga tidak memberikan apa yang Anda butuhkan. Setiap peristiwa memiliki makna dan tujuan, dan Anda tidak akan terganggu oleh masalah-masalah kecil yang tak berarti. Sungguh disayangkan bila Anda tidak bisa menikmati perjalanan kehidupan dengan senantiasa mengeluh, merasa khawatir, terbelenggu pada masa lalu dan menghiraukan masalah-masalah kecil.

Biasakanlah bangun pagi dengan keinginan untuk melihat bahwa hari ini adalah hari petualanganku dan aku ingin menikmatinya. Masih melihat mentari pagi berarti kita masih diberi kesempatan untuk hidup sehari lagi dan bersyukur karenanya. Bila Anda mengingat ini setiap pagi maka Anda akan mempunyai semangat untuk menikmati hari Anda dan berbagai kebahagiaan dan kemudahan akan Anda dapatkan hari ini, karena hati yang bahagia dan bersyukur.

Selamat menikmati perjalanan kehidupan Anda.

 

Salam… Ineke H….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s