Rahasia Yang Menjadi Misteri

Aku merindukan dan mendambakan manusia-manusia yang berdiri utuh tanpa kepura-puraan dan kebohongan.

Namun di antara kami selalu muncul iblis pesaing bermata hijau dan ungu, dia membawa kesengsaraan, menuntut, tak berbelas kasih dan memiliki hati kosong dipenuhi oleh kabut kehampaan. Lidahnya lancip dan berlumur darah dan di kepalanya tumbuh tanduk lancip berwarna merah. Dia mengawasi laksana pengawal tangguh dan dialah yang membuat jarakku dan mereka menjadi semakin jauh.

Hatiku gelisah.

Manusia-manusia yang terbuai oleh iblis bermata hijau dan ungu telah menghilang ke dalam rimba belantara keduniawian yang hiruk pikuk, ketamakan dan kungkungan keegoisan yang menyesakkan dada.

Namun kutak berputus asa, terus kucari.

Sang iblis membawa manusia-manusia yang dulunya temanku ke dalam kemabukan akan harta haram dan kemunafikan. Tipu-tipu tiada henti yang mengabaikan kasih. Hingga kasih hanya dapat menyendiri di pojokan hati tanpa mampu berbuat apa-apa.

Padahal mereka pernah mencintaiku dan mendambakanku, mencariku untuk menggenapi hatinya yang patah. Kupanggil dia saat fajar, agar mentari pagi pun ikut membawakan berkah padanya. Namun kataku tak didengar.

Aku membujuknya di waktu malam. Ketika keheningan memiliki arti sangat dalam dan kepak sayap putih mimpi mulai mewarnai lelap. Bujukanku melayang tinggi dan menghilang seperti asap yang melayang dan perlahan hilang. Mungkin kecemasan akan kemunafikan hidupnya menjadi nyata di esok hari menutup nuraninya dan membuatnya sulit lelap.

Mereka mencariku dan bercermin dalam perbuatan-perbuatannya sendiri, kecuali dengan kebesaran Allah, akan menemukanku.

Aku ingin mengecupnya namun bibirku dan bibirnya terpisahkan ribuan alasan yang berbentuk nafsu dan harta duniawi membuatku membayangkan api dahsyat menghanguskan nafsu dan harta agar jarak itu tiada lagi.

Aku ingin menjadi miliknya, namun langkahku dan hasratku terhalang oleh beribu rahasia tak terjawab yang dibiarkan dan akhirnya menjadi misteri.

—Ineke H—

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s