Aku adalah Pengamat Jiwa-Jiwa yang Berduka

Aku sudah ada di sini, mengamati dalam diam. Aku tetap akan ada di sini sampai di akhir dunia. Aku adalah pengamat jiwa-jiwa yang berduka.

Aku melayang-layang dalam lautan kedukaan dari jiwa-jiwa yang menjadi tawanan, yang memaksa ingin hidup di dunia dalam kekekalan dan kesempurnaannya. Padahal semua jiwa adalah serupa tawanan karena tidak terbebaskan dari keduniawian.

“Apakah yang tengah kau perjuangkan?” tanyaku dalam kebingungan.

Aku membaca semua kitab pengetahuan yang sungguh bijak mengajarkan kehidupan yang penuh kasih pada sesama, karena kasihlah yang menjadikan kita manusia mulia. Tetapi, jiwa-jiwa yang berduka itu masih saja dipenuhi oleh kemarahan, ketidaktahuan dan angkara murka.

Aku pernah hidup dalam berbagai jaman karena aku adalah abadi. Dan aku telah menyaksikan banyak kehidupan hancur karena ketamakan dan kesombongan. Kehidupan yang tuli dan buta.

Aku pernah menderita kelaparan parah ketika sang tirani memerintah. Aku menderita kehampaan dan kekosongan ketika penguasa memperbudakku. Tapi aku akan tetap hidup karena aku adalah pengamat jiwa-jiwa yang berduka. Dan aku akan selalu mencari sari kehidupan untuk menghidupiku.

“Bukankah tiada gunanya kau melawan nurani mu?” tanyaku dalam kebingungan.

Aku sudah menderita kekalahan ketika pengabaian nurani besar-besaran karena segala omong kosong memabukkan yang membuat jiwa-jiwamu menjadi melambung sesaat dalam sensasi kemenangan dan kemegahan. Yang pada saat mentari tenggelam nanti, sensasi itu sudah hilang bersamaan dengan terbitnya gelap.

Segeralah hidupkan nuranimu, karena nurani yang jernih akan menuntunmu memiliki akal budi yang jernih pula. Tak tercemari apapun.

Aku adalah pengamat jiwa-jiwa yang berduka. Dan aku akan tetap berada di sini.

—Ineke H—

 

 

Leave a Reply

