Kebaikan Hati

Anakku bertanya, “Bagaimanakah Mama menggambarkan seorang yang berhati baik?”

“Dia yang berhati baik adalah dia yang tidak pernah memberi label negatif pada dirimu. Dia selalu melihat hal-hal yang positip saja dari dirimu.

Dia yang tidak mengambil kesimpulan sendiri ketika kau tidak ingin menerangkan apa yang terjadi pada dirimu.

Dia menerima permintaan maafmu atas kesalahan yang tak sengaja telah kau buat.

Dia hanya melihat kebaikan pada dirimu, bahkan jika seluruh dunia tengah mengecammu. Dia menerimamu dalam keburukan dan kebaikanmu.

Ketika kau tengah terpuruk dalam kesedihan, dia yang menggenggam tanganmu dan tak melepaskannya hingga kau mampu keluar dari kesedihan. Dia yang selalu menyemangatimu, meski dia harus mengorbankan waktu dan tenaganya. Dia yang selalu tersenyum untukmu meski di saat itu dia tengah berduka. Dia yang selalu ada tanpa kau pinta ketika kau membutuhkannya. Dia yang tidak mengambil keuntungan untuk dirinya sendiri ketika membantumu dalam kesedihan. Dia yang tidak mengharapkan balas ketika menolongmu. Karena dia tidak mengharapkan perhatianmu ketika dia menolong dan menemanimu.

Dia menerima kasihmu karena dia memang bersungguh-sungguh untuk menerima kasihmu, dan kau menerima kasihnya karena diapun bersungguh-sungguh memberikan kasihnya untukmu.

Anakku, bila kau bertemu dengan dia yang sungguh berhati baik, kau akan sangat bersyukur. Dan menangislah bila kau harus berpisah dengannya, jika dia sudah menyerah memberikan hatinya yang baik untukmu.

Ingatlah anakku, asap tidak akan timbul tanpa adanya api dan mentari tidak akan menghilang bila tiada mendung yang menghalangi. Hatinya yang baik takkan berubah menjadi dingin jika dia senantiasa diperlakukan dengan baik olehmu.

Hati yang keras seperti batu hanya akan menjadi lembut bila permukaannya kau taburi dengan bunga melati yang harum mewangi.”

 

— Ineke H—

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s