Perjalanan Pulang

Hari ini aku pulang ke kotaku.

Ketika seluruh dunia mencaciku dan semua yang kucintai perlahan berpaling dariku. Aku pergi, kutinggalkan segalanya.

Kupilih kereta paling malam menuju kotaku. Pergantian malam menjadi pagi dalam perjalanan kereta, memberiku harapan akan kehidupan yang lebih baik laksana terbitnya asa setelah kekacauan yang terjadi.

Kereta berjalan dengan keteguhan menembus malam. Seperti anak panah yang mengoyak kegelapan, berdesing. Kehidupan perlahan rontok dari hadapanku. Sekian waktu sekian denyut jantung kupertahankan. Kini denyutnya sudah tiada, karena tiada lagi yang berdenyut dalam tiadanya kehidupan.

Tak ada yang melambai dan dilambai selamat tinggal. Tiada kecup dan doa menyertai. Tak ada peluk hangat pengantar perjalanan. Meski tadi aku sempat menunggu dan berharap.

Harapan memang seringan balon yang terlepas di angkasa, melayang dan melayang tinggi. Ketika dia sudah kempis terkena patuk burung, dia akan menukik ke bumi. Seperti harapan yang jatuh bebas dan pecah berkeping.

Pernah kurasa ada yang menantiku diam-diam di stasiun terakhir kereta ini akan berhenti. Dia yang akan membawa pergi semua kegundahan dan kesedihanku. Rasa itu perlahan menguap lalu menghilang dengan bunyi ‘plup’ pelan. Seperti bunyi kosong botol yang terbuka tutupnya.

“Jangan takut, jangan takut.” gumamku tanpa henti bagai litani.

Pagi masih malu-malu terbit di ufuk timur, di arah keretaku melaju. Dan kehidupan di sekitar jalan keretapun dimulai. Sibuk. Aku merasakan kesedihan sekaligus keheranan, bahwa kehidupan di luar sana tetap berjalan tanpa terpengaruh sedikitpun, sementara milikku hancur berantakan.

“Barangkali memang masih akan ada harapan untukku seperti akan selalu terbit mentari setiap pagi menggantikan malam.” bisikku memberi semangat.

Keretapun berhenti di kotaku. Aku telah sampai di awal perjalananku yang lain sekaligus akhir perjalanan yang lalu.

Masih tiada yang menungguku. Aku sendiri.

 

—Ineke H—

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s