Aku Adalah Penonton

Aku hanya ingin menjadi penonton.

Penonton yang hanya sibuk menonton. Dan akan kututup mulutku agar tak berkomentar apapun.

Karena sesungguhnya yang kutonton adalah manusia seperti diriku juga.

Nuraniku adalah nurani mereka juga.

Bila mereka berdosa, akupun tak bersih dari dosa.

Kalau mereka berbuat baik, aku turut bangga.

Bila mereka jatuh, aku pun turut berempati dan kubantu mereka untuk bangkit, dan bila mereka bangkit akupun akan merayakan kebangkitan mereka.

Mereka pengasih, akupun pengasih.

Mereka menghujat, aku hanya dapat merenung nelangsa.

Sebelum aku berkata-kata, akan kuperiksa dulu diriku sendiri, sudah pantaskah?

Maka lebih baik aku diam dan hanya menonton.

Karena aku adalah penonton.

—Ineke H—

Leave a Reply

