Kekuatanku

Kekuatan yang kumiliki sekarang adalah hasil dari perjalanan kedukaan yang sudah kulewati. Kekuatan yang muncul dari pergulatan panjang akan arti kehidupan dan mencari jawaban atas segala yang terjadi. Perjalanan yang tak pernah kubayangkan sebelumnya akan kurasakan. Dan ketika perjalanan ini harus kujalani maka tak ada pilihan lain untukku selain aku harus kuat.

Kekuatan dan ketegaranku bukanlah untuk memperoleh medali ataupun penghargaan apapun. Aku menjadi kuat karena aku harus kuat. Aku berjuang sendiri. Aku tak memerlukan penonton untuk memberiku tepuk tangan karena mereka mengagumi kekuatanku.

Aku menjadi kuat karena aku telah kehilangan harapan berkali-kali dan kembali berjalan setelahnya. Meski tak mudah setiap kali aku harus berjalan kembali, namun aku menolak untuk menyerah. Ini hidupku dan aku berjuang untuk hidupku.

Sungguh sangat menyenangkan dan mudah ketika kukatakan, aku ingin menyerah saja dan meninggalkan hidupku. Tapi aku masih memilih untuk bertahan, karena aku masih percaya, aku akan mampu melampauinya.

Mereka di sekitarku hanya bisa menghakimi.

Dan aku hanya akan memandang mereka dengan tatapan kosong dan kukatakan,”Cobalah kau jalani perjalanan kehidupanku, dan jika kau sudah sampai pada apa yang sekarang kujalani, dan kau masih tetap memiliki kekuatan untuk terus berjalan, maka kau boleh mengatakan sesuatu tentang diriku. Karena setelah ini kau akan percaya pada semua yang telah kulalui.”

Apapun yang kurasakan, apapun yang dunia berikan aku takkan pernah menyerah.

 

—Ineke H—

 

Leave a Reply

