Di Dalam Keheninganku Ada Kesepianku

 

Di dalam keheninganku ada kesepianku. Di sana hanya ada kertas-kertas putih yang digambar oleh tangan yang tak kenal lelah, ada benang yang terjalin dari jarum yang berkeletukan, ada kata-kata yang tersusun menjadi cerita, ada lagu yang terdengar tanpa henti dari pemutar musik.

Mungkin keheninganku tidaklah sehening itu, hanya sepi.

Kemudaanku yang dulu, lelah berlarian kesana kemari, gelisah mencari apa yang kukira dapat mengubah kesepianku menjadi keriaan. Suara-suara dari masa lalu yang masih terdengar di telingaku bagaikan menonton drama panjang yang tak berakhir juga. Dan bayangan ketakbahagiaanku masih saja menghalangi jalanku hingga aku enggan untuk beranjak dari kesepianku.

Dalam kemudaanku yang gelisah, masih kurasakan tetes asin keringat yang menetes ketika aku terengah-engah mengejar kesemuan, yang masih kupercayai bahwa itu adalah nyata.

Dan kulihat awan-awan yang berarak pelan di atas pegunungan terlihat sungguh cantik, tak terjangkau, seperti kedamaian yang terlalu jauh untuk kurasakan. Hanya impianku.

Di balik diriku yang kesepian ini, ada jiwaku yang bebas dan liar. Mimpi-mimpi yang terajut dengan penuh kesungguhan, hasrat-hasrat menggelegak seperti kawah gunung yang siap meletus, cita-cita yang menggetarkan tulang-tulangku.

Kenyataanlah yang akhirnya menahan langkahku untuk menjadi diriku yang bebas.

Mungkin aku harus membunuh diriku yang kesepian, hingga aku yang bebas dan liar akan merangkak keluar. Mentertawakan kenyataan dan mengalahkan dunia.

Bagaimana itu bisa terjadi jika kesepianku telah menancapkan akarnya jauh ke dalam diriku dan mengikat kakiku ke tanah hingga aku tak kan dapat melangkah lagi?

Untuk saat ini, aku adalah diriku yang kesepian dalam keheningan. Atau diriku dalam keheningan yang kesepian.

 

—Ineke H—

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s